Kamis, 09 November 2017

makalah menumbuhkan minat mahasiswa dalam belajar

KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur kepada Allah Swt atas KaruniaNya saya dapat menyelesaikan makalah ini, yang mengenai menumbuhkan minat mahasiswa dalam belajar. Serta salawat seiring salam tidak lupa pula kita sanjung sajikan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW yang telah berhasil membawa tatanan kehidupan akhlak manusia dari tananan akhlak jahilia kepada tatanan akhlak yang islamia yang kita rasakan saat sekarang ini.

Banyak kesulitan dan hambatan yang saya hadapi dalam membuat tugas mandiri ini, tapi dengan semangat dan kegigihan serta arahan, bimbingan dari berbagai teman sehingga saya mampu menyelesaikan tugas mandiri ini.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu. Kinanti Msc selaku Dosen Mata Kuliah Aplikasi Komputer I
saya menyimpulkan bahwa tugas mandiri ini belum sempurna dan kurang baik sekali , oleh karena itu mohon kepada ibu dapat memberi saran dan kritikan agar kedepannya saya bisa membuat makalah yang lebih sempurna tugas mandiri ini dan bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umum nya.



      Medan,23 Februari 2016


NASRUN AMIN








DAFTAR ISI











 


BAB I

PENDAHULUAN


Suatu kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan minat akan menghasilkan prestasi yang kurang menyenangkan. Dapat dikatakan bahwa dengan terpenuhinya minat seseorang akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan batin yang dapat menimbulkan motivasi. S.C. Utami Munandar (1985:11) menyatakan bahwa minat dapat juga menjadi kekuatan motivasi.Prestasi seseorang selalu dipengaruhi macam dan intensitas minatnya.Minat menimbulkan kepuasan.Seorang anak cenderung untuk mengulang-ulang tindakan-tindakan yang didasari oleh minat dan minat ini dapat bertahan selama hidupnya.
Dengan demikian, minat belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan belajar mahasiswa. Disamping itu minat belajar juga dapat mendukung dan mempengaruhi proses belajar dan mengajar .

B. Tujuan


Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah sebagai berikut :
Untuk mengetahui rata-rata dan harapan mahasiswa terhadap minat belajar mahasiswa pendidikan di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan universitas negeri Medan
Untuk mengetahui rata-rata tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa terhadap menumbuhkan gaya belajar pendidikan di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan universitas Negeri Medan
Untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara  harapan dan tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa terhadap menumbuhkan minat belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan universitas Negeri Medan
Untuk mengetahui tingkat mutu minat belajar pendidikan di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan universitas Negeri Medan

C. Manfaat


Adapun manfaat dibuatnya makalah ini adalah sebagai berikut :
Untuk memenuhi tugas mata kuliah yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Aplikasi komputer I yaitu Kinanti wijaya .Msc
Untuk menumbuhkan gaya minat belajar mahasiswa Universtitas Negri Medan (Sumatera Utara)

BAB II

PEMBAHASAN

 

A. Konsep Minat Belajar 


Pengertian minat
Minat sering dihubungkan dengan keinginan atau ketertarikan terhadap sesuatu yang datang dari dalam diri seseorang tanpa ada paksaan dari luar.The Liang Gie mengungkapkan bahwa minat berarti sibuk, tertarik, atau terlibat sepenuhnya dengan suatu kegiatan karena menyadari pentingnya kegiatan itu.Menurut Slameto (dalam Djaali) minat adalah rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh.
Sedangkan menurut Crow and Crow (dalam Djaali) mengatakan bahwa minat berhubungan dengan gaya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang, benda, kegiatan, pengalaman yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.

B. Konsep Pengertian Belajar


Pengertian Belajar
Ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang belajar, pada umumnya mereka memberikan penekanan pada unsur perubahan dan pengalaman.Menurut Witherington (dalam Sukmadinata) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan dalam kepribadian, yang dimanifestasikan sebagai pola respon yang baru yang berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan. (dalam Sukmadinata) mengemukakan bahwa belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru. Sedangkan menurut Hilgar menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses di mana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap sesuatu situasi.
Berdasarkan penekanan unsur pengalaman tentang definisi belajar dikemukakan para ahli, antara lain menurut Di Vesta and Thompson menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman. Gage and Berliner mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang muncul karena pengalaman. Sedangkan menurut Hilgard .mengemukakan bahwa belajar dapat dirumuskan sebagai perubahan perilaku yang brelatif permanen yang terjadi karena pengalaman.
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar 
Minat belajar peserta didik sangat menentukan keberhasilannya dalam proses belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut bersumber pada dirinya dan luar dirinya atau lingkungannya antara lain sebagai berikut :
Faktor dalam diri mahasiswa, yang terdiri dari :
Aspek jasmaniah, mencakup kondisi fisik atau kesehatan jasmani dari individu siswa.Kondisi fisik yang prima sangat mendukung keberhasilan belajar dan dapat mempengaruhi minat belajar.Namun jika terjadi gangguan kesehatan pada fisik terutama indera penglihatan dan pendengaran, otomatis dapat menyebabkan berkurangnya minat belajar pada dirinya.
Aspek Psikologis (kejiwaan), menurut Sardiman  faktor psikologis meliputi perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, berfikir, bakat,dan motif. Pada pembahasan berikut tidak semua faktor psikologis yang dibahas, tetapi hanya sebagian saja yang sangat berhubungan dengan minat belajar.
Faktor dari luar siswa, meliputi:
Keluarga, meliputi hubungan antar keluarga, suasana lingkungan rumah, dan keadaan ekonomi keluarga.
Sekolah, meliputi metode mengajar, kurikulum, sarana dan prasarana belajar, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, hubungan siswa dengan temannya, guru-gurunya dan staf sekolahserta berbagai kegiatan kokurikuler.
Lingkungan masyarakat, meliputi hubungan dengan teman bergaul, kegiatan dalam masyarakat, dan lingkungan tempat tinggal.
Dari uraian di atas dapat dipahami bahwa faktor-faktor dari diri siswa dan dar luar
mahasiswa saling berkaitan dalam menumbuhkan minat belajar.Jika faktor-faktor tersebut tidak mendukung mengakibatkan kurang atau hilangnya minat belajar siswa.Kurang atau hilangnya minat belajar siswa disebabkan oleh banyak hal yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar.

BAB III

PENUTUP

Minat belajar merupakan salah satu komponen yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Untuk menumbuhkan minat belajar pada diri mahasiswa, terlebih dahulu kita harus memperhatikan apa yang menjadi latar belakang yang menyebabkan berkurang atau bahkan hilangnya minat belajarmahasiswa . Setelah itu baru kita mengambil langkah-langkah apa yang harus kita lakukan untuk menumbuhkan minat belajar pada diri mahasiswa. Dengan demikian upaya untuk menumbuhkan minat belajar sesuai dengan sasarannya.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis dapat menyarankan beberapa hal:
1.       Diharapkan semua elemen di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan dapat lebih meningkatkan rasa empati kepada mahasiswa, terkait dengan proses gaya minat belajar mahasiswa di jurusan tersebut. Hal ini berhubungan dengan misi pendidikan untuk “menjadi lebih baik”, sehingga dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa membutuhkan perhatian secara personal dari jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan.
2.       Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan dapat memulai langkah-langkah untuk lebih meningkatkan minat belajar mahasiswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makalah hadis tentang tanggung jawab kepemimpinan

Dalil boleh membatalkan sumpah jabatan, untuk mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi umat: Diriwayatkan oleh Muslim, 1650, dari A...